Selasa, 27 November 2012

Konsumsi jagung sebagai alternatif pengganti nasi


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.      LATAR BELAKANG
Ketergantungan terhadap beras sebagai makanan pokok akan menyisakan banyak masalah. Kebutuhan yang semakin meningkat dan menyempitnya lahan pertanian mengakibatkan impor beras semakin tinggi, atau bahkan krisis beras. Selain itu, kekayaan sumber daya pangan kita akan sia-sia jika tidak pernah dimanfaatkan. Kearifan lokal di masyarakat yang memanfaatkan umbi dan bahan pangan lain selain beras akan musnah jika kita tetap bergantung pada beras.
Makanan adalah kebutuhan hidup setiap insan manusia untuk memenuhi kebutuhan energi setiap harinya. Dahulu kala, manusia purba melakukan berburu dan bercocok tanam untuk bertahan hidup. Mereka berburu binatang untuk  memenuhi protein hewani dan bercocok tanam umbi-umbian untuk memenuhi kabohidrat. Seiring jalannya waktu zaman manusia purba bergeser ke zaman manusia modern. Misalnya manusia modern di Indonesia. Sebelum Indonesia merdeka, penduduk di Indonesia bahan pokok makanannya dari sabang sampai merauke berbeda-beda. Ada yang bahan pokok pangannya beras, ada yang bahan pokok pangannya umbi-umbian (missal singkong, ketela rambat dll) dan ada yang bahan pokok pangannya sagu. Tetapi entah kenapa setelah Indonesia merdeka, bahan pokok pangannya dari sabang sampai merauke menjadi sama yaitu beras. Ada yang bilang untuk pemerataan kesejahteraan karena sudah merdeka (atau jangan-jangan karena hanya gengsi, sudah merdeka ko makan umbi-umbian kaya manusia purba saja > peace). Tetapi seiring waktu berjalan, kesediaan bahan pokok pangan beras dan kebutuhan beras semakin timpang.  Persediaan beras secara nasional lebih sedikit dibanding kebutuhan akan beras. Setiap tahun kebutuhannya makin meningkat berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk Indonesia.Penyebab dari minimnya persediaan bahan pokok beras diantaranya adalah semakin sempitnya lahan persawahan dan  peminat orang menjadi petani sedikit serta kemungkinan besarnya riset tentang produk unggulan padi masih kurang maksimal. Akibatnya bulog harus impor beras dari Negara tetangga (Vietnam, Thailand), kelaparan menjadi cerita biasa (karena sebagian saudara-saudara kita yang kurang beruntung tidak mampu membeli beras), dan busung lapar di Indonesia bagian tengah tak terhindarkan.
1.2.     RUMUSAN MASALAH
1.    Sebutkan  nilai gizi yang terdapat dalam jagung selain karbohidrat ?
2.    Apa penyebab minimnya persediaan bahan pokok beras dan mengapa jagung yang jadi bahan pengganti beras ?
3.    Apa saja manfaat dari jagung itu sendiri ?

1.3.     TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh jagung sebagai makanan alternative.

1.4.     MANFAAT PENULISAN

Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan bagi penulis dan pembaca sekalian.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 . Pengertian konsumsi

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah konsumsi biasa dikaitkan dengan makanan dan minuman yang diperlukan untuk melakukan kegiatan tertentu. Contohnya untuk menyelenggarakan pesta perkawinan, widyawisata, atau kegiatan lain bias dibentuk seksi konsumi yang bertugas mengurus makanan dan minuman.
Dalam ilmu ekonomi, pengertian konsumsi tidak hanya terbatas pada persoalan makan dan minum, tetapi menyangkut semua kebutuhan hidup dimasyarakat, baik itu kebutuhan jasmani maupun rohani.
a. Pengertian Konsumsi
Konsumsi adalah penggunaan barang dan jasa yang ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti kita ketahui, kebutuhan hidup dimasyarakat sangat beraneka ragam misalnya kebutuhan makan, minum, pakaian, perumahan, kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan tersebut diperlukan barang dan jasa.
b. Ciri Barang Konsumsi
Untuk memahami pengertian barang konsumsi dapat kita ikuti beberapa uraian berikut.
1. Barang yang dikonsumsi adalah barang yang dihasilkan oleh manusia penggunaan  tanah, udara, dan sinar matahari, dan lain-lain pemberian alam tidak termasuk dalam pengertian konsumsi.
2. Barang yang dikonsumsi ditujukan langsung utuk memenuhi kebutuhan hidup. Penggunaan cangkul, gergaji, mesin, bangunan kantor, dan barang modal lainnya pada hakikatnya ditujukan untuk menghasilkan barang dan jasa sehingga tidak dapat dimasukkan dalam pengertian konsumsi.
3. Barang yang dikonsumsi akan habis atau mengalami penyusutan sedikit demi sedikit sehingga akhirnya tidak dapat digunakan lagi.
c. Perilaku konsumen dalam konsumsi.
Perilaku pada dasarnya berorientasi pada tujuan. Dengan kata lain, perilaku pada umumnya dimotivasi oleh suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertetu. Motivasi orang-orang trgantung pada kekuatan-kekuatan motif-motif mereka. Pada dasarnya, motif-motif atau kebutuhan-kebutuhan merupakan alasan-alasan yang melandasi perilaku. Kebutuhan ataupun keinginan setiap orang sangat banyak. Apabila dihitung tidak akan habis-habisnya. Oleh karena itu, dalam hidup individu selalu dihadapkan dengan berbagai alternatif pilihan dan harus selalu melakukan pilihan sehubungan dengan sumber daya yang tersedia terbatas. Konsep pilihan merupakan perilaku konsumen yang mendasar. Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa pada umumnya konsumen selalu berusaha untuk mencapai kepuasan yang maksimal dari pemakaian benda. Kepuasan atau utilitas adalah derajat seberapa besar sebuah barang atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seorang atau ukuran kepuasan yang diterima dari pengguna barang atau jasa. Karena berkaitan dengan ukuran kepuasan dari penggunaan barang dan jasa, utilitas sering disebut sebagai nilai guna.
Setiap konsumen mempunyai tingkat kepuasan yang berbeda-beda, namun setiap orang akan berusaha mencapai kepuasan maksimum dengan dibatasi oleh pendapatan dan harga barang.
Teori perilaku konsumen memakai dua pendekatan, yaitu pendekatan nilai guna atau pendekatan cardinal dan pendekaran kurva indiferen atau pendekatan ordinal.





BAB III
PEMBAHASAN


3.1.  Jagung Sebagai Makanan Alternatif
Jagung sebenarnya berasal dari meksiko amerika tengah dan sudah dikonsumsi sebagai makanan pokok penduduk asli amerika sejak 8000 tahun yang lalu hal ini terbukti dengan ditemukannya fosil teosinte, sejenis rumput liar yang diyakini sebagai nenek moyangnya jagung yang ditemukan di dekat kota meksiko. Penduduk asli amerika sangat memuja jagung. Bagi mereka jagung tidak hanya sebagai makanan pokok tapi juga menjadi icon penting yang mewakili tradisi mitologi dari peradaban suku maya, Aztec, dan inca. Zea mays, nama latin jagung yang diambil dari nama tradisional jagung yaitu maize yang berasal dari bahasa spanyol yang digunakan oleh penduduk pribumi amerika suku taino. Ketika Christopher colombus datang ke amerika mereka menemukan jagung tumbuh hampir seluruh amerika mulai dari chili hingga kanada, kemudian mereka membawanya ke eropa dan memperkenalkannya ke seluruh dunia
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) bahkan bahan makanan utama di Jawa, Madura, dan Sulawesi. Selama ini jagung hanya dikenal sebagai salah satu makanan pokok bagi penduduk Indonesia. Namun ternyata jagung juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Untuk itu marilah kita meneliti kandungan dari jagung (Zea mays) ini.
1.    Karbohidrat
2.    Protein
3.    Serat
4.    Asam folat
5.    Mineral besi, magnesium, fosfor, kalium dan kalsium
6.    Vitamin B5, B12, A, C
7.    Likopen
Jagung merupakan salah satu komoditas utama pertanian sebagai bahan pangan penting selain padi. Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama penghasil karbohidrat dan merupakan menu makanan yang bersifat substitusi atau suplemen bagi manusia. Jagung sebagai salah satu sumber hidrat arang dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Bahkan dibeberapa daerah jagung digunakan sebagai bahan pokok makanan sehari-hari. Jagung dapat diolah dalam berbagai variasi masakan, sebagai lauk ataupun sebagai hidangan selingan manis dan gurih untuk keluarga di sore hari. Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium.

Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.
Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Makanan pengganti beras yang berasal dari jagung sedang diintensifkan sosialisasi pemanfaatannya kepada warga di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sebagai terobosan diversifikasi pangan lokal. Selain itu, menyantap karbohidrat selain nasi seperti jagung dapat menjadi alternatif agar tidak menjadi monoton. Yang termasuk dalam kategori GI rendah adalah karbohidrat dari pasta, jagung, singkong rebus, dan oat. Jagung yang dikonsumsi sebagai makanan pokok biasanya jagung putih atau kuning, tetapi bukan jagung manis. Jagung yang telah tua dan kering, setelah ditumbuk kasar dibuat nasi jagung, yang masih agak muda dan segar direbus atau dibakar. Nasi bisa dibuat dari beras jagung atau tepung jagung kasar. Beras jagung siap olah umumnya banyak dijual di pasar tradisional, berbentuk butiran-butiran kecil seperti beras pecah. Beras jagung dibuat dari jagung tua kering yang ditumbuk hingga menjadi butiran-butiran kecil.
Jagung saat ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi, dalam berpartisipasi untuk pelaksanaan diversifikasi pangan yang dicanangkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga yang terkait. Itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini banyak petani yang menanam jagung sebagai alternative pengganti makanan pokok berupa nasi yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia.
Budidaya tanaman jagung tidaklah sulit dan tidak begitu membutuhkan perlakuan ekstra seperti yang dilakukan pada budidaya tanaman padi.  Mengetahui jenis-jenis karbohidrat dapat membantu bagi yang sedang berdiet, agar merasa kenyang lebih lama sehingga membantu diet. Ini juga harus berhati-hati dengan mengurangi karbohidrat pada nasi jika ternyata sudah menyantap makanan mengandung karbohidrat di sela-sela jam makan utama. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa menu makan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks, bisa membuat umur panjang, berkurangnya risiko kanker, berkurangnya risiko penyakit jantung, berkurangnya risiko diabetes, berkurangnya risiko kelainan pencernaan, serta meningkatnya kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi jagung sebagai pengganti nasi atau pengganti makan malam juga dapat membantu program diversifikasi pangan pengganti nasi. Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dalam jagung, tidak ada salahnya kita menerapkan jagung sebagai pengganti makan malam keluarga dengan ditambah makanan berprotein dan bervitamin lainnya.  Salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen.. Oleh para ahli, jagung memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Jagung kaya akan vitamin B1 yang bermanfaat untuk penyerapan karbohidrat dalam tubuh, dan vitamin B5 yang membantu normalnya fungsi-fungsi fisiologis, dan vitamin C yang membantu melawan penyakit.  Kandungan folat jagung juga dinilai dapat  membantu menghasilkan sel-sel baru di dalam tubuh. Tak dipungkiri, jagung juga makanan tinggi serat, jagung pun berperan menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap koresterol jahat, mengurangi risiko kanker usus besar, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Nilai lebih lain dari jagung adalah kandungan komposisi gizinya lebih komplek disbanding beras. Nilai gizinya selain karbohidrat antara lain adalah : Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin (60mg), dengan kandungan karbohidrat 74,26 g per 100g porsi edible menghasilkan total energi 365 Kcal (USDA, 2008).
Penyebab dari minimnya persediaan bahan pokok beras diantaranya adalah semakin sempitnya lahan persawahan dan  peminat orang menjadi petani sedikit serta kemungkinan besarnya riset tentang produk unggulan padi masih kurang maksimal. Akibatnya bulog harus impor beras dari Negara tetangga (Vietnam, Thailand), kelaparan menjadi cerita biasa (karena sebagian saudara-saudara kita yang kurang beruntung tidak mampu membeli beras), dan busung lapar di Indonesia bagian tengah tak terhindarkan. Lalu pemerintah bergegas menyuruh rakyatnya mencari pengganti bahan pokok beras yang kandungan karbohidratnya setara dengan beras. Karena sudah terbiasa makan nasi dari beras, sekarang menjadi sulit untuk kembali seperti masalalu dengan makan umbi-umbian atau sejeninya yang mengandung karbohidrat untuk menggantikan beras. solusi pengganti bahan pokok beras yaitu nasi dari jagung. Nasi jagung menurut Wikipedia adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.
3.2. Manfaat Jagung untuk Memenuhi Nutrisi
Jagung telah menjadi salah satu makanan kita sehari – hari tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui Manfaat Jagung yang sangat luar biasa. Selain rasanya yang enak, jagung juga kaya akan nutrisi dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut informasi seputar Manfaat Jagung. Nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, selain nasi beras atau sagu. Sebagian besar masyarakat, umumnya lebih banyak mengkonsumsi nasi beras, sebagai asupan karbohidrat. Namun, di beberapa daerah, terutama di pedesaan, nasi jagung sering digunakan sebagai makanan pokok alternatif.
Meski dipilihnya nasi jagung sebagai makanan pokok bukanlah hal baru, namun masih banyak orang yang awam akan manfaat nasi jagung sendiri. Selain karbohidrat, nasi jagung justru memiliki kandungan gizi dan vitamin lebih kompleks daripada nasi beras. Selain itu, nasi jagung juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kangker dan jantung. Bahkan, nasi jagung juga bisa menurunkan kolesterol darah atau mencegah gigi berlubang.
Di Kabupaten Grobogan, nasi jagung lebih diprioritaskan sebagai menu makan utama, dibanding nasi beras. Sejumlah rumah penduduk di wilayah Danyang, bahkan sengaja menjual nasi jagung lengkap dengan lauk pauknya, bagi pendatang luar daerah.
Manfaat Jagung yang utama adalah sebagai sumber kalori. Kita dapat mendapat 342 kalori dengan mengkonsumsi 100g gram jagung. Selain itu, Manfaat Jagung lainnya adalah sebagai sumber vitamin B konstituen; thiamin dan niasin. Niasin dapat mencegah penyakit pellagra dengan gejalanya seperti demensia, diare, dan dermatitis.Bagi inu hamil, Manfaat Jagung juga sangat penting karena kandungan asam folatnya yang cukup tinggi untuk mencegah cacat saraf dan kurang berat badan pada janin.
Selain itu, jagung juga kaya akan beta karoten yang bertugas membentuk vitamin A. Berbagai kandungan vitamin lainnya serta antioksidannya yang tinggi juga memberikan Manfaat Jagung untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah dan mengobati kanker. Kandungan vitamin B12 nya dapat membantu mencegah anemia. Berbagai macam mineral seperti besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, tembaga, dan seng juga merupakan kandungan lain dari jagung yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi, Manfaat Jagung bisa untuk mengganti nasi dan juga memenuhi nutrisi penting bagi tubuh.

3.3. Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Kebanyakan masyarakat kota mengonsumsi jagung sebagai bahan makanan selingan. Namun rupanya, jagung memiliki banyak manfaat sehingga tidak akan rugi bila Anda rutin mengonsumsinya setiap hari.
Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat, jagung dapat dimasak dalam berbagai cara. Anda dapat mengonsumsi jagung manis dengan dimakan langsung dari batangnya setelah direbus atau dibakar, atau memasukan biji-biji jagung sebagai hiasan nasi goreng. Selain itu, biji-biji jagung juga dapat ditumis dengan bawang merah dan cabai untuk membuat sajian tumis yang sehat. Hal terbaik dari biji jagung bukan hanya tentang rasanya yang menggugah selera, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan  tubuh. Berikut beberapa manfaat penting jagung bagi kesehatan, sebagaimana dilansir Boldsky.
1.      Melancarkan pencernaan
Jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.


2.      Sumber mineral
Setiap butir kuning jagung mengandung banyak sekali ragam mineral, seperti magnesium, tembaga, besi, dan paling penting fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang dari keretakan karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi normal ginjal.
3.      Merawat kulit
Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam.
4.      Mencegah anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.
5.      Mengontrol kolesterol
Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
6.      Penting selama kehamilan.
Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.
Tongkol jagung juga dapat dipakai sebagai bahan dasar pembuatan xylitol.  Xylitol merupakan senyawa antara dalam metabolisme karbohidrat dalam tubuh manusia dengan kecepatan produksi antara 5 sampai dengan 15 gram per hari. Rumus kimia xylitol dinyatakan sebagai CH2OH(CHOH)3CH2OH dengan berat molekul sebesar 152,1. Dibandingkan dengan glukosa, xylitol mengalami absorpsi ke dalam tubuh yang lebih lambat. Dengan demikian, kenaikan glukosa darah yang tiba-tiba dapat dihambat. Oleh karena alasan inilah, xylitol pun kerap kali digunakan sebagai pengganti sukrosa bagi penderita diabetes.
Hal yang menarik lain dari manfaat jagung untuk kesehatan adalah adanya beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkomsumsi jagung manis yang telah dimasak  dapat mengurangi resiko menderita penyakit hati dan kanker. Seorang ahli pakar kesehatan dari Universitas Cornell telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jagung manis dapat meningkatkan level  antioksidan, walaupun kadar vitamin C dalam jagung tersebut berkurang. Level antioksidan diukur dengan kemampuannya dalam menangkap radikal bebas yang menyebabkan kerusakan tubuh dari oksidasi. Jagung manis juga dapat meningkatkan level ferulic acid  yang dapat mencegah kanker.

 

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1.    KESIMPULAN
Berdasarkan pemaparan di atas penulis dapat menyimpulkan beberapa hal, diantaranya  :
1. Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) bahkan bahan makanan utama di Jawa, Madura, dan Sulawesi.
2. Jagung merupakan salah satu komoditas utama pertanian sebagai bahan pangan penting selain padi. Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama penghasil karbohidrat dan merupakan menu makanan yang bersifat substitusi atau suplemen bagi manusia. Jagung sebagai salah satu sumber hidrat arang dapat dijadikan makanan pengganti nasi.
3.  Nilai gizinya selain karbohidrat antara lain adalah : Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin (60mg), dengan kandungan karbohidrat 74,26 g per 100g porsi edible menghasilkan total energi 365 Kcal (USDA, 2008).

4.  Jagung memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Jagung kaya akan vitamin B1 yang bermanfaat untuk penyerapan karbohidrat dalam tubuh, dan vitamin B5 yang membantu normalnya fungsi-fungsi fisiologis, dan vitamin C yang membantu melawan penyakit.  Kandungan folat jagung juga dinilai dapat  membantu menghasilkan sel-sel baru di dalam tubuh. Tak dipungkiri, jagung juga makanan tinggi serat, jagung pun berperan menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap koresterol jahat, mengurangi risiko kanker usus besar, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Nilai lebih lain dari jagung adalah kandungan komposisi gizinya lebih komplek disbanding beras.
4.2  SARAN
1. Pembaca dapat menggunakan makalah ini untuk menambah pengetahuan tentang    Makanan Alternatif dalam hal ini jagung.
2. Harga beras dari waktu ke waktu terus naik, untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mengolah jagung menjadi makanan alternatif selain nasi.






DAFTAR PUSTAKA
-     http://health.okezone.com/read/2012/06/18/486/649196/manfaat-jagung-bagi-kesehatan-i

1 komentar:

  1. numpang promosi mas-mas / mbak-mbak

    Healthy Rice ( Nasi Jagung Instan)
    mencoba memberi trobosan inovasi baru dalam segi makanan yg instan yg bertujuan untuk kesehatan
    dan cocok untuk bagi anda yg mencintai hidup sehat (diet) dan yg tekena penyakit DIABETES
    makanan yg instan tanpa pengawet dar berstifikasi HALAL
    dengan harga yg terjangkau untuk semua kalangan :

    1/4 kg : 6000
    1/2 kg : 1200

    tapi jangan salah 1/2 kg itu dapat menjadi 5-6 porsi makan dan mampu bertahan lama
    tersedia berbagai fariasi dngan aroma :
    -original
    -pandan
    -jeruk nipis

    cp :081326634157 (ibu ambarwati)

    BalasHapus